Press enter to see results or esc to cancel.

GURU DAN PERADABAN



Oleh: Muhammad irwan
Kesuksesan suatu bangsa tidak terlepas dari peran seoarang pendidik yaitu guru, karena tanpa mereka takkan ada sebuah peradaban. Sehingga begitu besarnya peran seorang guru dalam membangun karakter bangsa, nah, bagaimana dengan hari ini masihkah peran mereka dihargai?. Pada era modern saat ini guru seakan-akan sebuah titel yang sangat rendah dimata generasi sekarang, apabila kita bertanya pada mereka yang lagi menempuh pendidikan untuk meraih cita-citanya kenapa anda tidak mau bercita-cita menjadi guru, pasti mereka akan menjawab menjadi guru adalah sama dengan menjadi orang yang biasa-biasa saja, karena karier guru adalah karier rendahan, dari segi finansial pun kita tidak bakalan cukup kalau berprofesi sebagi guru. Begitu rendahkah nilai guru pada hari ini? Sadarkah kita bahwa tanpa mereka takkan ada orang-orang yang pemimpin bangsa hari ini, tanpa mereka tidak akan maju bangsa ini, apakah ini sebuah alasan kenapa bangsa kita tidak pernah menjadi Negara maju, karena kita tidak menghargai lagi orang yang telah mendidik kita?

Dulu kita sering mendengar “pahlawan tanpa tanda jasa”itulah guru yang rela mendidik peserta didiknya dengan penuh kasih saying dan tanpa mengharapkan balasan apapun,bahkan kita tidak jarang melihat di media-media, seorang guru rela menempuh puluhan kilometer dengan bersepeda demi memberikan pengetahuan kepada peserta didiknya bahkan mereka rela tinggal di pulau terpencil dengan honor yang minim, tapi mereka tetap semangat dalam mentransfer ilmunya, inilah sosok pahlawan tanpa tanda jasa itu.

Guru adalah seorang pendidik baik laki-laki atau perempuan yang mengajarkan berbagai macam ilmu dan arahan yang tentunya akan sangat berdampak positif untuk kehidupan kita sekarang dan dimasa yang akan datang. Maka sudah sepatutnya kita mengahargai seorang guru, bahkan dalam islam kita diwajibkan untuk mentaati guru sebagaimana kita menaati orang tua kita, karena guru adalah orang  tua kedua dalam dunia pendidikan, mereka sangat berperan terhadap perkembangan ilmu pengetuan seseorang. Bisa kita byangkan tanpa guru kita akan buta terhadap dunia, kita akan selalu hidup dalam keterbelakangan.    Begitu banyak manfaat guru didalam kehidupan kita. Dari ilmu yang akan kita terima, maka secara tidak langsung karakter bangsa yang baik akan terbentuk. Karena dari warga negara yang berilmu pengetahuan dan bermoral akan lahirlah karakter bangsa yang disegani oleh negara-negara lain. Tinggi rendahnya suatu bangsa dapat berdiri maju hal yang pertama dilihat adalah dari tingkah laku dan sikap warga negaranya.

Jika buku adalah jendela ilmu...........
Maka guru adalah rumahnya ilmu.....
Jika mentari tenggelam, dunia hitam
Maka guru adalah penyinar impian malam
Jika rumah dapat berdiri karena tiang dan bata..........
Maka bangsa akan runtuh tanpa guru serta cita.........

Mari sahabatku kita menghormati guru kita semua,karena guru adalah pahlawan untuk bangsa ini, jika untuk menghargai guru saja kita sebagai warganya tidak sanggup, maka bangsa ini hanya akan terkenal sebagai nama bukan sebagai bangsa yang berilmu dan memiliki karakter yang baik. Dan para remaja adalah generasi penerus bangsa ini, maka dari itu pimpin lah dirimu sebelum memimpin orang lain. Jika kita dapat menjadi generasi penerus yang berakhlak,berilmu serta saling menghargai yakin lah bahwa kedepan indonesia akan jaya ! indonesia akan menjadi Negara maju nomor satu di dunia !!!.


*(Penulis merupakan mahasiswa Ilmu Komunikasi (Jurnalistik) Universitas Malikussaleh.)




Tags