Press enter to see results or esc to cancel.

Hoax Busting And Digital Hygene

Trainer Google Indonesia (Hotli Simajuntak)

Senin (10/12/2018) Google news initiative bekerjasama dengan Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Lhokseumawe menyelenggarakan acara hoax busting and digital hygiene bagi masyarakat umum.

Saya beruntung bisa ambil bagian dalam acara ini dan patut berterimkasih kepada kanda Ayi Jufridar karena telah berbaik hati mengundang kami dari Forum Aceh menulis untuk bisa mengikuti acara ini.

Acara ini di isi langsung oleh tim Google Indonesia bung Hotli Simajuntak didamping rekan dari AJI Indonesia bung Geril Dwira dan bung Hendra Makmur, mereka memaparkan tips-tips bagaimana memferivikasi setiap berita di media online agar tidak mudah termakan hoax dan fitnah.


Hoax di Indonesia berkembang begitu pesat dari tahun ketahun. Yang jadi korban bukan hanya rakyat biasa bahkan sekaliber menteri dan politisi juga sering termakan hoax. Kita tentu ingat beberapa waktu lalu bagaimana kasus Rekayasa Ratna Sarumpaet.begitu banyak orang yang jadi korban.

Ada beberapa cara yang diajarkan oleh trainer agar kita tidak mudah termakan hoax antara lain ketika kita melihat gambar disertai caption tentang sebuah peristiwa jangan langsung percaya.salah satu cara memverifikasinya cukup dengan klik firstdraftnew.org disini kita bisa mengecek kebenaran gambar tersebut dengan menelususri inti gamabar melalui searh engine.

Cara lain yang diajarkan disini adalah dengan melihat keamanan password kita. Untuk mengetahui kita bisa klik howsecureismypassword.net disitus ini kita bisa menguji sejauh mana password kita bisa diretas orang.

Kemudian cara mendeteksi seberapa aman email kita. Tersedia juga link untuk melihatnya melalui haveibeenpwned.com disini terdeteksi kalau kita punya dosa masalalu ( maksudnya pernah mengakses situs-situs terlarang).



Dan masih banyak sekali ilmu yang diajarkan oleh trainer tersebut yang initinya gak ada satupun tool yang mujarab. Jadi sosial media benar-benar tidak aman, tak ada yang benar-benar aman orang bisa saja menyalahgunakan data kita. Maka hati-hatilah berselancar di dunia maya.
bersama Bung Geril