Press enter to see results or esc to cancel.

Menyusuri Jejak teungku Chik Di Tiro

Depan Masjid Teungku Chik di Tiro

Hujan yang cukup deras membasahi setiap kain yang melekat di badan tak menyurutkan semangat kami untuk menelusuri jejak "Indatu" kami warga Aceh yakni pahlawan Nasional Tengku Chik di Tiro.

Usai menyambangi makam Tgk Chik Ditiro yang bernama Muhammad Saman yang dimakamkan di Indrapuri, Aceh besar. Esoknya kami melanjutkan perjalanan ke makam Tgk Chik Ditiro yang bernama Muhammad Amin di temani pemerhati Sejarah Aceh Pang Muda @khalidmuttaqin dan lembaga @beulangongtanoh kami menyusuri setiap sudut pidie menyaksikan peninggalan peradaban Aceh yang masih tersisa.

Oh ya, Tengku Chik Ditiro sendiri adalah gelar yang di sematkan kepada tokoh yang dianggap sangat berjasa untuk perjuangan, kemudian nama Tiro sendiri adalah daerah tokoh tersebut dilahirkan.


Saat menyusuri kabupaten pidie, kami singgah di berbagai lokasi peninggalan sejarah. Salah satunya adalah mesjid tua ratusan tahun peninggalan Teungku Chik yang sudah nyaris roboh tak terawat  dan juga menyaksikan balai yang ratusan tahun lalu Teungku mengajari muridnya tentang berbagai pengetahuan.

Sat ini kondisi sudah terbalik. Seperti masjid peninggalannya kubahnya hampir roboh, kayu-kayu yang menjadi bahan utama masjid sudah terlihat lapuk. Cukup prihatin melihat peninggalan sejarah "Indatu" orang Aceh sudah tak dirawat oleh penerusnya. padahal disinilah basis perjuangan dulu dimulai, bahkan Hasan Tiro ( Cucu Tgk Chik Tiro) mendeklarasikan Gerakan Aceh Merdeka untuk melawan kolonialisme bangsa kita sendiri juga berada di daerah ini.

Di Tugu Makam Tgk Chik Di Tiro, Pidie

Sudah saatnya kita sebagai Rakyat Aceh bergerak untuk melestarikan peninggalan tokoh bangsa yang masih tersisa. Kalau bukan kita siapa lagi.
Yuk bantu pedir Museum Manuscrip dan Aceh Darussalam Academi untuk menggalang dana rehabilitasi mesjid ini!

-Muhammad Irwan
Tags